Sistem Informasi Geografis

MANAJEMEN INFORMASI DAN DATA SPASIAL MELALUI PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Pendahuluan

wisata3Sistem Informasi Geografis (SIG) Adalah Sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisa dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospasial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya.

Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute. Misalnya, SIG dapat membantu memvisualkan daerah tambang pada suatu wilayah, atau SIG dapat digunakan untuk mencari lahan basah (wetlands) yang membutuhkan perlindungan dari polusi.

Untuk menguasai aplikasi GIS secara khusus tentunya memerlukan kemampuan sumber daya manusia dan alat yang memadai. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan hasil pengolahan data spasial yang baik dan optimal.

Maksud & Tujuan

Maksud dari pelatihan ini adalah peserta pelatihan dapat mengenal dan menguasai prinsip-prinsip Sistem Informasi Geografis (SIG). Peserta pelatihan akan mempunyai kemampuan untuk membuat dan mengelola data spasial serta peta digital. Data spasial tersebut berguna dalam pengambilan berbagai keputusan seperti perencanaan, proyek di lembaga/institusi, pemetaan khususnya dalam konteks perencanaan dan pengelolaan SDA.

Tujuan dari Pelatihan ini adalah peserta akan mampu mengolah berbagai jenis data menjadi data GIS/data spasial, dan memiliki kemampuan dalam menyajikan berbagai data dalam bentuk spasial yang siap pakai sesuai dengan tujuan pengguna.

Metode Pelatihan

  • Pelatihan dilakukan selama 2 hari fullday
  • Materi pelatihan berupa teori dan praktik menggunakan aplikasi ArcGIS
  • Presentasi dari narasumber dengan sesi diskusi / tanya jawab

Fasilitator Ahli

  • BADAN KOORDINASI SURVEI DAN PEMETAAN NASIONAL
  • TIM KONSULTAN TEKNOLOGI INFORMASI

Peserta diwajibkan membawa laptop untuk simulasi. Apabila tidak membawa, dapat menghubungi panitia

.

Formulir Pendaftaran Diklat Sistem Informasi Geografis.
Pastikan data yang anda input benar. Kami akan menghubungi anda segera

Nama Lengkap

Kontak (No HP/Email)

Instansi

Tanggal Yang Diinginkan

Tanggal lain (jika tidak ada di atas)